IDENTITAS MATAKULIAH
Nama MataKuliah: Manajemen Pendidikan Multibudaya
Dosen:
Irpan Ilmi, S. Hum., M. M.
Kode Matakuliah:
Program
Studi: Manajemen Pendidikan Islam
Status
Mata Kuliah:Pilihan
Deskripsi Mata Kuliah
Mata
kuliah Manajemen Pendidikan Berbasis Multi budaya merupakan kelompok bahan
kajian dan pelajaran yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan
berdasarkan dasar ilmu dan keterampilan yang dikuasai dalam pengelolaan
pendidikan yang berdasarkan berbagai budaya.
Secara
garis besar mata kuliah ini mengkaji konsep, prinsip-prinsip, dan implementasi
manajemen pendidikan berbasis multi budaya. Kajian juga meliputi teori dan
aplikasi manajemen pendidikan berbasis multi budaya, yang diaplikasikan dalam
pengelolaan pendidikan Islam. Dan dengan pengalaman tersebut diharapkan
mahasiswa memiliki kreativitas dan inovasi dalam manajemen pendidikan Islam.
Capaian Sasaran Mata Kuliah
1. Mampu
mengaplikasikan manajemen pendidikan berbasis multi budaya dan memanfaatkan
ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada manajemen pendidikan dalam
menyelesaikan masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi,
2. Menguasai
konsep secara teoretis bidang pengetahuan manajemen pendidikan secara umum dan
konsep teoretis bagian khusus dalam bidang pengetahuan manajemen pendidikan
berbasis multi budaya secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian
masalah prosedural pengelolaan pendidikan berbasis multi budaya
3. Mampu
mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data yang
diperoleh, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif
solusi secara mandiri dan kelompok,
4. Bertanggung
jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian
hasil kerja kelompok.
MATERI PERKULIAHAN
NO |
PERTEMUAN |
TUJUAN |
MATERI KULIAH |
METODE |
1 |
1-2 |
Memiliki pemahaman tentang konsep-konsep esensial dari
setiap teori dan model pendidikan berbasis multibudaya |
1. Perkenalan matakuliah 2. Pendidikan dan kebudayaan 3. Globalisasi dan daya saing bangsa 4. Permasalahan dan tantangan dalam dalam manajemen
pendidikan dan kebudayaan |
Ceramah, tanya jawab dan penyelesaian tugas |
2 |
3-7 |
Memilih teori yang relevan dengan konteks manajemen
pendidikan berbasis multibudaya |
1. Teori evolusi pendidikan di Indonesia 2. Teori pendidikand an pengembangan masyarakat. A.
Sekolah dan masyarakat. B. Sekolah berbudaya. C. Masyarakatan tanpa sekolah. |
Diskusi dan penyelesaian tugas-tugas obervasi kelompok |
3 |
8 |
Ujian tengah semester |
|
|
4 |
9-13 |
Memiliki ketajaman dalam mendiskripsikan, menganalisa,
dan solusi terhadap kasus-kasus dalam manajemen pendidikan berbasis
multibudaya |
1. Model Community Based Development 2. Model School Based Management 3. Model Community Learning Center 4. Model Corporate Social Responsibility 5. Model pendidikan berbasis lingkungan |
Diskusi dan penyelesaian tugas-tugas obervasi kelompok |
5 |
14-15 |
Merumuskan model konseptual sebagai alternative dalam
konteks manajemen berbasis multibudaya |
1. Perumusan kerangka model manajemen pendidikan
berbasis multibudaya 2. Review seluruh materi perkuliahan |
Bimbingan individual dalam penyelesaian tugas-tugas
makalah |
6 |
16 |
Ujian Akhir Semester |
3.
|
|
Referensi
Pokok:
Adiwikarta, Sudardja. (1988). Sosiologi
Pendidikan: Isyu dan Hipotesis Tentang Hubungan Pendidikan dengan Masyarakat,
Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud.
Buchori, Mochtar. (2007). Evolusi Pendidikan
di Indonesia, Yogyakarta: Insist Press.
Elashmawi, Farid & Philip R. Harris,
(1999), Multicultural Management: New Skills for Global Success, Jakarta:
Gramedia.
Feinberg, Walter & Jonas F. Soltis.
(1992). School and Society, New York and London: Teacher College Columbia
university.
Froggatt, Wayne. 2004. Choose to be Happy:
Panduan Membentuk Sikap Rasional dan Realistik. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.
Hartanto, Frans Mardi. (1999). Mengelola
Perubahan di Era Pengetahuan, Jakarta: Gramedia.
Hyman, Irwin A. & Pamela A. Snook. (1999).
Dangerous Schools, San Francisco: Jossey-Bass Publishers.Naim, Ngainun &
Achmad Sauqi, (2008), Pendidikan Multikultural: Konsep dan Aplikasi,
Jogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.
Suryadi, Ace. (2002). Pendidikan, Investasi
SDM, dan Pembangunan: Isu, Teori dan Aplikasi, Jakarta: Balai Pustaka.
Penunjang:
Abu Izzudin, Solihin. (2006). Zero to Hero,
Yogyakarta: Pro U-Media.Aburdene, Patricia. (2006). Megatrend 2010: Bangkitnya
Kesadaran Kapitalisme, Jakarta: Transmedia.
Axelrod, A. (2003). Patton on Leadership:
Strategic Lesson for Corporate Warfare. Jakarta: Balitbang Depdiknas.
Becker S. Gary. (1993). Human Capital: A
Theoritical and Empirical Analysis with Special Reference to Education, Edisi
Ke-3, The University of Chicago Press.
Hallak, Jacques. (1990). Investing in the
Future, Oxford: Pergamon Press.
How, Lim. 2005. Seeds of Personal Victory:
Meraih Kesuksesan dalam Bisnis dan Kehidupan. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.
Miller, Eric. (1991). Future Vision, Napervile: Sourcebooks Trade.
Ohamae, Kenichi. (1990). The Borderless World,
New York: Harper Business.
Osborne, David & Peter Plastrik. (2000).
Memangkas Birokrasi: Lima Strategi Menuju Pemerintahan Wirausaha (Terjemahan
Ramelan Abdul Rosyid), Jakarta: PPM.
Power, Edward J. (1982). Philosophy of
Education: Studies in Philosophies, Schooling, and Educational Policies, New
Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Neuhauser, P.C. (1993). Corporate legends and
lore: The power of storytelling as a management tool. New York: McGraw-Hill,
Inc.
Robbins, Stephen P. and Nancy Langton. (2001).
Organization Behavior. 2nd ed.. Canada: Pearson Education.
Schein, (1992). Organizational Culture and
Leadership. Second Edition. San Francisco: Jossey-Bass. Inc.
Senge, Peter M. (1990). The Fifth Discipline
The Art and Practice of The Learning Organization. New York: Doubleday.
Sweeney, Paul D.. & Dean B. McFarlin.
2002. Organizational Behavior: Solution for Management. International Edition.
Boston: McGraw-Hill Higher Education
No comments:
Post a Comment