1-IRPAN-ILMI

Klik Info Ini...!

Full width home advertisement

irpan-ilmii

My Journey

Rise Your Hand

Post Page Advertisement [Top]

irpan-ilmii

 

IDENTITAS MATAKULIAH

 


Nama MataKuliah: Manajemen Pendidikan Multibudaya

Dosen: Irpan Ilmi, S. Hum., M. M.

Kode Matakuliah:

Program Studi: Manajemen Pendidikan Islam

Status Mata Kuliah:Pilihan

 

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Manajemen Pendidikan Berbasis Multi budaya merupakan kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berdasarkan dasar ilmu dan keterampilan yang dikuasai dalam pengelolaan pendidikan yang berdasarkan berbagai budaya.

Secara garis besar mata kuliah ini mengkaji konsep, prinsip-prinsip, dan implementasi manajemen pendidikan berbasis multi budaya. Kajian juga meliputi teori dan aplikasi manajemen pendidikan berbasis multi budaya, yang diaplikasikan dalam pengelolaan pendidikan Islam. Dan dengan pengalaman tersebut diharapkan mahasiswa memiliki kreativitas dan inovasi dalam manajemen pendidikan Islam.

 

Capaian Sasaran Mata Kuliah

1.     Mampu mengaplikasikan manajemen pendidikan berbasis multi budaya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada manajemen pendidikan dalam menyelesaikan masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi,

2.     Menguasai konsep secara teoretis bidang pengetahuan manajemen pendidikan secara umum dan konsep teoretis bagian khusus dalam bidang pengetahuan manajemen pendidikan berbasis multi budaya secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural pengelolaan pendidikan berbasis multi budaya

3.     Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data yang diperoleh, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok,

4.     Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok.

 

 

 

 

MATERI PERKULIAHAN

 

 

 

NO

PERTEMUAN

TUJUAN

MATERI KULIAH

METODE

1

1-2

Memiliki pemahaman tentang konsep-konsep esensial dari setiap teori dan model pendidikan berbasis multibudaya

1.       Perkenalan matakuliah

2.       Pendidikan dan kebudayaan

3.       Globalisasi dan daya saing bangsa

4.       Permasalahan dan tantangan dalam dalam manajemen pendidikan dan kebudayaan

Ceramah, tanya jawab dan penyelesaian tugas

2

3-7

Memilih teori yang relevan dengan konteks manajemen pendidikan berbasis multibudaya

1.       Teori evolusi pendidikan di Indonesia

2.       Teori pendidikand an pengembangan masyarakat. A. Sekolah dan masyarakat. B. Sekolah berbudaya. C. Masyarakatan tanpa sekolah.

Diskusi dan penyelesaian tugas-tugas obervasi kelompok

3

8

Ujian tengah semester

 

 

4

9-13

Memiliki ketajaman dalam mendiskripsikan, menganalisa, dan solusi terhadap kasus-kasus dalam manajemen pendidikan berbasis multibudaya

1.       Model Community Based Development

2.       Model School Based Management

3.       Model Community Learning Center

4.       Model Corporate Social Responsibility

5.       Model pendidikan berbasis lingkungan

Diskusi dan penyelesaian tugas-tugas obervasi kelompok

5

14-15

Merumuskan model konseptual sebagai alternative dalam konteks manajemen berbasis multibudaya

1.       Perumusan kerangka model manajemen pendidikan berbasis multibudaya

2.       Review seluruh materi perkuliahan

Bimbingan individual dalam penyelesaian tugas-tugas makalah

6

16

Ujian Akhir Semester

3.        

 

 

 

 

 

 

 

 

Referensi

Pokok:

Adiwikarta, Sudardja. (1988). Sosiologi Pendidikan: Isyu dan Hipotesis Tentang Hubungan Pendidikan dengan Masyarakat, Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud.

Buchori, Mochtar. (2007). Evolusi Pendidikan di Indonesia, Yogyakarta: Insist Press.

Elashmawi, Farid & Philip R. Harris, (1999), Multicultural Management: New Skills for Global Success, Jakarta: Gramedia.

Feinberg, Walter & Jonas F. Soltis. (1992). School and Society, New York and London: Teacher College Columbia university.

Froggatt, Wayne. 2004. Choose to be Happy: Panduan Membentuk Sikap Rasional dan Realistik. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Hartanto, Frans Mardi. (1999). Mengelola Perubahan di Era Pengetahuan, Jakarta: Gramedia.

Hyman, Irwin A. & Pamela A. Snook. (1999). Dangerous Schools, San Francisco: Jossey-Bass Publishers.Naim, Ngainun & Achmad Sauqi, (2008), Pendidikan Multikultural: Konsep dan Aplikasi, Jogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Suryadi, Ace. (2002). Pendidikan, Investasi SDM, dan Pembangunan: Isu, Teori dan Aplikasi, Jakarta: Balai Pustaka.

 

Penunjang:

Abu Izzudin, Solihin. (2006). Zero to Hero, Yogyakarta: Pro U-Media.Aburdene, Patricia. (2006). Megatrend 2010: Bangkitnya Kesadaran Kapitalisme, Jakarta: Transmedia.

Axelrod, A. (2003). Patton on Leadership: Strategic Lesson for Corporate Warfare. Jakarta: Balitbang Depdiknas.

Becker S. Gary. (1993). Human Capital: A Theoritical and Empirical Analysis with Special Reference to Education, Edisi Ke-3, The University of Chicago Press.

Hallak, Jacques. (1990). Investing in the Future,  Oxford: Pergamon Press.

How, Lim. 2005. Seeds of Personal Victory: Meraih Kesuksesan dalam Bisnis dan Kehidupan. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Miller, Eric. (1991). Future Vision,  Napervile: Sourcebooks Trade.

Ohamae, Kenichi. (1990). The Borderless World, New York: Harper Business.

Osborne, David & Peter Plastrik. (2000). Memangkas Birokrasi: Lima Strategi Menuju Pemerintahan Wirausaha (Terjemahan Ramelan Abdul Rosyid), Jakarta: PPM.

Power, Edward J. (1982). Philosophy of Education: Studies in Philosophies, Schooling, and Educational Policies, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Neuhauser, P.C. (1993). Corporate legends and lore: The power of storytelling as a management tool. New York: McGraw-Hill, Inc.

Robbins, Stephen P. and Nancy Langton. (2001). Organization Behavior. 2nd ed.. Canada: Pearson Education.

Schein, (1992). Organizational Culture and Leadership. Second Edition. San Francisco: Jossey-Bass. Inc.

Senge, Peter M. (1990). The Fifth Discipline The Art and Practice of The Learning Organization. New York: Doubleday.

Sweeney, Paul D.. & Dean B. McFarlin. 2002. Organizational Behavior: Solution for Management. International Edition. Boston: McGraw-Hill Higher Education

 

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

JANGAN-KLIK