SILABUS
Nama Mata Kuliah : Sosiologi Antropologi Pendidikan
Kode Mata Kuliah :KL23163
SKS : 2 Teori
Dosen :IRPAN ILMI, S. HUM., M. M.
Program Studi : Manajemen Pendidikan Islam
Waktu perkuliahan :SENIN 14.30 - 16.0
Semester : Gasal/Genap
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini melihat pendidikan sebagai suatu proses sosio-kultural. Dalam mata kuliah ini, akan dibahas tentang konsep-konsep, metodologi sosiokultural dalam pendidikan, serta disajikan aneka kasus dan permasalahan pendidikan. Mata kuliah ini juga memberikan bekal pengetahuan fondasional tentang pentingnya iklim, pendekatan-pendekatan, dan pengaruh-pengaruh sosio-budaya, baik dari sekolah maupun dari luar sekolah (keluarga, peer group, masyarakat-bangsa, dan mass media) dalam masyarakat yang multikultural (pluralistik) dan pendidikan yang paling sesuai dengan manusia (anthropos) Indonesia dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional Indonesia kini dan masa depan.
Pengalaman Belajar: Mahasiswa memiliki kepekaan terhadap kekuatan sosial-budaya yang dapat mendorong keberhasilan belajar.
No |
Tujuan Perkuliahan |
Pokok Bahasan |
Nilai Humanis Religius Yang Diutamakan |
1 |
Mendeskripsikan hubungan antara pendidikan dengan masyarakat dan kebudayaan. |
Pendahuluan |
Tanggungjawab |
2 |
Mendeskripsikan pendidikan sebagai proses majemuk yang melibatkan berbagai pusat pendidikan dalam mentransformasikan kebudayaan kepada generasi selanjutnya |
Pendidikan sebagai Proses Sosial Budaya |
Kerjasama Suka Menolong |
3 |
Mendeskripsikan beberapa pendekatan teori kebudayaan dan implikasinya pada pendidikan |
Teori Kebudayaan dan Implikasinya pada Pendidikan |
Kepedulian Empati Rasa Keadilan Rendah Hati Suka Menolong |
4 |
Menganalisis keterkaitan antara struktur sosial dan perkembangan kepribadian |
Struktur Sosial dan Kepribadian |
Keteguhan Hari Komitmen Rasa Bangga |
5 |
Mendeskripsikan konsep dasar dan tujuan sosialisasi. |
Sosialisasi - Pengertian Sosialisasi -Tujuan Sosialisasi |
Kejujuran Integritas |
6 |
Mendeskripsikan agen-agen sosialisasi |
Agen sosialisasi |
Disiplin |
7 |
Mendeskripsikan model sosialisasi, termasuk pola asuh (parenting style) dalam berbagai kebudayaan |
Pola Asuh/Parenting Style |
Mandiri Percaya Diri Kerja Keras |
8 |
UTS |
|
|
9 |
Mendeskripsikan konsep, proses, dan teori perubahan sosial budaya |
Perubahan Sosial Budaya - Proses Perubahan Sosial Budaya - Teori Perubahan Sosial Budaya |
Rasa Bangga Percaya Diri Sabar |
10 |
Mendeskripsikan dampak perubahan sosial budaya terhadap pendidikan |
- Dampak Perubahan Sosial Budaya terhadap Pendidikan |
Inovasi Visioner |
11 |
Mendeskripsikan kultur sekolah. |
Budaya Sekolah |
Rasa Bangga |
12 |
Mendeskripsikan cara-cara membangun kultur dan masyarakat sekolah. |
Membangun Kultur dan Masyarakat Sekolah |
Toleransi Kepedulian |
13 |
Mendeskripsikan Pendidikan Multikultural |
Pendidikan Multikultural |
Empati |
14 |
Mendeskripsikan fenomena sosial budaya dalam pendidikan. |
Isu-isu Sosial Budaya dalam Pendidikan |
Respek Tanggung Jawab |
15 |
Menuliskan pemikiran kreatif dan proaktif dalam mengatasi masalah pendidikan di Indonesia |
Tantangan Pendidikan di Era Global - Pendidikan Multikultural |
Kepedulian |
16 |
UAS |
|
|
Literatur Tambahan
1. Buchori, Mochtar. 2001. Pendidikan Antisipatoris. Yogyakarta : Kanisius.
2. Harrison, L. E. & Huntington, S. P. (ed). 2000. Culture Matters, How Values Shape Human Progress.New York : Basic Books.
3. Kaplan. 2000. Teori Budaya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
4. Koentjaraningrat. 1993. Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan. Jakarta : Gramedia Pustaka.Utama.
5. Soekanto, Soerjono. 2000. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
6. Tilaar, H.A.R. 1999. Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung : Remaja Rosdakarya.
7. ----------------.2004. Multikulturalisme : Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan. Jakarta : Grasindo.
8. Yaqin, M. Ainul. 2005. Pendidikan Multikultural : Cross Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan. Yogyakarta : Pilar Media.
No comments:
Post a Comment