SILABUS MATA KULIAH
Manajemen Kurikulum dan Program Pendidikan
1. IDENTITAS MATA KULIAH:
Nama Mata Kuliah : Manajemen Kurikulum dan Program Pendidikan
Kode Mata Kuliah : KU23115
Jumlah SKS : 2 (dua) SKS
Semester : 4 (Empat)
Program Studi/Jurusan : Kurikulum Pendidikan Islam
Dosen : Irpan Ilmi, S. Hum., M. M.
2. TUJUAN MATA KULIAH:
Mahasiswa diharapkan dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan tentang konsep dan praktik yang komprehensif dan terpadu tentang Manajemen Kurikulum di tingkat makro, messo maupun mikro pada satuan pendidikan. Dalam kaitan ini dibahas mengenai konsep-konsep manajemen pendidikan dan konsep-konsep kurikulum, sehingga mahasiswa dituntut untuk lebih memahami posisi keilmuan manajemen kurikulum secara komprehensif dalam tataran implementasi manajemen kurikulum dengan menganalisis berbagai perubahan dan perkembangan manajemen kurikulum.
3. DESKRIPSI ISI:
Dalam perkuliahan ini dibahas tentang wawasan yang komprehensif, sistematis dan terpadu tentang manajemen kurikulum pada satuan pendidikan (persekolahan) menurut jalur, jenis dan jenjang pendidikan, lembaga pendidikan non formal dan lembaga diklat formal dan non formal dengan mengacu pada pembahasan konsep-konsep aktual mengenai manajemen kurikulum, ruang lingkup manajemen kurikulum, masalah dan kendala dalam implementasi manajemen kurikulum, tahapan-tahapan dalam manajemen kurikulum serta analisis dan identifikasi manajemen kurikulum.
4. PENDEKATAN PEMBELAJARAN:
Metode : Ceramah, tanya jawab, diskusi dan pemecahan masalah.
Tugas : Membuat Makalah, penyajian kelompok dan diskusi.
Media : OHP, dan LCD Proyektor dan White Board.
MANAJEMEN KURIKULUM DAN PROGRAM PENDIDIKAN
NO |
MATERI |
KET |
1 |
Pengantar Perkuliahan dan Transaksi perkuliahan |
Dosen Pengampu |
2 |
Pengertian manajemen kurikulum a. Pengertian kurikulum b. Pengertian manajemen kurikulum c. Prinsip dan fungsi manajemen kurikulum |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
3 |
Fungsi –fungsi manajemen kurikulum 1. Pengertian fungsi manajemen kurikulum 2. Mengelola perencanaan kurikulum 3. Mengelola implementasi kurikulum 4. Mengelola pelaksanaan evaluasi kurikulum 5. Mengelola perumusan penetapan kriteria dan pelaksanaan kenaikan kelas 6. Mengelola pengembangan bahan ajar, media pembelajaran dan sumber belajar 7. Mengelola pengembangan ekstrakurikuler dan kokurikuler |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
4 |
Perencanaan kurikulum 1. Pengertian perencanaan kurikulum 2. Perumusan tujuan kurikulum 3. Landasan perencanaan kurikulum 4. Perumusan isi kurikulum 5. Model-model desain kurikulum 6. Contoh RPP dan cara penyusunanya |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
5 |
Implementasi kurikulum 1. Pengertian konsep implementasi kurikulum 2. Kemampuan guru dalam implementasi kurikulum 3. Model implementai kurikulum |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
6 |
Evaluasi Kurikulum 1. Pengertian evaluasi kurikulum 2. Tujuan evaluasi kurikulum 3. Peran evaluasi kurikulum 4. Model evaluasi kurikulum |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
7 |
UTS |
|
8 |
Perangkat Pembelajaran 1. Pengertian perangkat pembelajaran 2. Kalender pendidikan: Pengertian, cara penyusunan dan contohnya 3. Prota : Pengertian, cara penyusunan dan contohnya 4. Prosem : Pengertian, cara penyusunan dan contohnya 5. Silabus: Pengertian, cara penyusunan dan contohnya
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
9 |
Struktur kurikulum: 1. Pengertian, cara penyusunan dan contohnya Pengertian 2. RPP : Pengertian, cara penyusunan dan contohnya Pengertian |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
10 |
Monitoring Pelaksanaan kurikulum 1. Pengertian monitoring pelaksanaan kurikulum 2. Tujuan pemantauan pelaksanaan pembelajaran 3. Kerangka kegiatan pemantauan pelaksanaan pembelajaran 4. Pengertian Penilaian kinerja guru 5. Jenis Penilaian kinerja guru 6. Cara penyusunan dan contoh penilaian kinerja guru 7. Contoh format monitoring kinerja guru |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
11 |
KTSP 1. Pengertian KTSP 2. Landasan dan tujuan KTSP 3. Delapan standar nasional pendidikan (SNP) implementasi KTSP
|
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
12 |
Inovasi program pendidikan |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
13 |
Research |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
14 |
Research |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
15 |
Research |
Presentasi dan diskusi Mahasiswa |
16 |
UAS |
|
Keterangan:
1. Metode Perkuliahan
Diskusi
Tanya Jawab
PAIKEM
2. Referensi
Dr. Rusman, M.Pd. 2012. Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Dr. Abdullah Aly,M.Ag. 2011. Pendidikan Islam Multikultural Di Pesantren “Tela’ah Terhadap Kurikulum Pesantren Modern Islam Assalam Surakarat” Yogyakarta: Pustaka Setia.
Prof. Dr. H.E. Mulyasa, Kurikulum KTSP.
Prof. Dr. Nasution. Pengembanngan Kurikulum.
Prof. Dr. H. E. Mulyasa, M.Pd.
3. Tugas
Individu :
A. Menyusun Makalah Secara Mandiri Dengan Minimal Tiga Referensi Buku Dan Bukunya Wajib Dibawa Ketika Presentasi.
B. Referensi Boleh Menambahkan Dari Internet : Jurnal, Tesis, Disertasi Atau Blog Dosen Stai As-Shiddiqiyah.
C. Setiap Presentasi Mahasiswa WAJIB Menggunakan Projector/ Lcd Sbagai Media Pembelajaran.
D. Makalah Dikumpulkan Dalam Bentuk Soft Copy Melalui Flashdisk Dan Hard Copy.
Kelompok : Meneliti Manajemen Kurikulum Di Unit Pendidikan Tingkat Madrasah Ibtidiyah Atau SD.
A. Laporan Dilaksanakan Pada Akhir Pertemuan Dengan Mempresentasikan Hasil Penelitiannya Berbentuk Soft Dan Hard Copy.
No comments:
Post a Comment