1-IRPAN-ILMI

Klik Info Ini...!

Full width home advertisement

irpan-ilmii

My Journey

Rise Your Hand

Post Page Advertisement [Top]

irpan-ilmii


SILABUS
MATA KULIAH PLSBT
(PENDIDIKAN LINGKUNGAN SOSIAL BUDAYA DAN TEKNOLOGI)








A. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah                       : Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya dan   Teknologi (PLSBT).
Kode Mata Kuliah                        :
Jumlah SKS                                  : 2 SKS
Semester                                        :
Kelompok Mata Kuliah                : MKU
Program Studi                               : Semua Program
Prasyarat                                       : (sesuai dengan semester yang ditawarkan)
Dosen                                            : Irpan Ilmi, S. Hum, C. MM

B. Tujuan Umum Mata Kuliah:
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan kesadaran diri selaku makhluk Tuhan dalam mendekatkan diri kepadaNya, melalui hubungan sesama manusia dan lingkungan alam; meningkatkan kesadaran diri selaku makhluk sosial, budaya dan bagian yang tak terpisahkan dari alam sekitarnya; Meningkatkan kesadaran lingkungan dalam mengembangkan kehidupan yang selaras, serasi dan seimbang dengan lingkungan hidup; meningkatkan melek IPTEK dan menerapkannya secara selaras, serasi dan seimbang dengan lingkungan hidup, untuk mempertahankan kelestarian kehidupan umat manusia serta kehidupan pada umumnya;  meningkatkan kepekaan dan keterbukaan terhadap masalah-masalah lingkungan, sosial, budaya dan teknologi; serta bertanggung jawab dalam memecahkan masalah tersebut.



C. Deskripsi Isi
Dalam Perkuliahan ini dibahas tentang manusia dalam kontek sosial atau manusia sebagai makhluk sosial yang mengungkapkan perkembangan individu mulai dari satuan keluarga, masyarakat sampai ke satuan yang  lebih luas. Dalam pokok bahasan ini ditelaah masalah peranan nilai, moral, dan hukum interaksi, sosial, kelompok sosial, perubahan sosial,  proses  sosial dan pembangunan . Dibahas pula masalah masalah manusia dalam konteks kebudayaan, ilmu pengetahuan teknologi dan seni, serta interaksi manusia dengan lingkungannya.

D. Proses Pembelajaran
            Pendekatan              : Pendekatan interdisipliner; pendekatan multidisipliner; pendekatan transdisipliner; pendekatan crosdisipliner atau paling tidak dengan menggunakan pendekatan multi aspek /pendekatan multi dimensi dikaitkan dengan masalah-masalah yang terjadi di masyarakat.
      Metode                  :  Studi kasus, pemecahan masalah, diskusi, Tanya jawab, dan ekspositori.
Tugas                     :Penyajian kasus, makalah, laporan bab/buku.
Media                    : OHP, E mail/Internet, koran, majalah, buku.

E.  Evaluasi     :
- Kehadiran,
- Penyajian masalah,
- Makalah,
- Laporan bab/buku,
- UTS,
- UAS .
F. Rincian Materi Perkuliahan Tiap Pertemuan
Pertemuan 1 : Pengantar Perkulihan
Pertemuan 2 : Esensi dan konsep dasar ilmu-ilmu sosial, budaya, dan kealaman.
Pertemuan 3 : Manusia dan alam semesta
Pertemuan 4 : Manusia dan keberlanjutan alam semesta
Pertemuan 5 : Pendidikan sebagai nilai dan moral dalam kehidupan manusia.
Pertemuan 6 : Budaya manusia dan pembangunan infrastruktur.
Pertemuan 7 : Interaksi sosial, kelompok sosial, masyarakat dan komunitas.
Pertemuan 8 : UTS
Pertemuan 9 : Perubahan sosial dan pembangunan.
Pertemuan 10: Manusia dengan keragaman sosial, budaya, dan peradabannya.
Pertemuan 11: Modernisasi dan globalisasi.
Pertemuan 12: Makna IPTEK dan Seni Bagi Manusia.
Pertemuan 13: Manusia sebagai subjek dan objek IPTEKS dan dampak penyalahgunaan IPTEKS bagi manusia.
Pertemuan 14: Interaksi manusia dengan lingkungannya: modifikasi lingkungan, pencemaran lingkungan, budaya dan pola kesehatan lingkungan.
Pertemuan 15: Kependudukan , pemukiman , dan ketenagakerjaan.
Pertemuan 16 : UAS
G. Daftar Buku
Buku Utama :
Tim dosen PLSBT,  Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya dan Teknologi, Value Press, Bandung, 2005.
Referensi :
  1.  Elly Malihah,dkk, Ilmu Sosial dan Budaya Dasar, Pranada Media, Jakarta,2006. 3.
  2. Nursid Sumaatmadja, Manusia Dalam Konteks Lingkungan Sosial Budaya dan Teknologi, Bandung, Alphabeta, 2004.
  3. Astim Riyanto, Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya dan Teknologi, Bandung, Yapemda, 2004.
  4. Prof..dr. Juli Sumirat Slamet,MPH,PHD, Kesehatan Lingkungan, Yogyakarta, University Press UGM, 2000.
  5. Kamanto Soenarto, Pengantar Sosiologi, Jakarta, Lembaga Penerbitan FE UI, 1996.
  6. Kohlberg, Lawrence, Essay on Moral Development, The Philosophy of Moral Development (vol.I & II) , San Francisco, Harper and Row Pub., 1984.
  7. Internet.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

JANGAN-KLIK