SILABUS
MATA KULIAH PLSBT
(PENDIDIKAN LINGKUNGAN SOSIAL
BUDAYA DAN TEKNOLOGI)
A. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah : Pendidikan Lingkungan
Sosial Budaya dan Teknologi (PLSBT).
Kode Mata Kuliah :
Jumlah SKS : 2 SKS
Semester :
Kelompok Mata Kuliah : MKU
Program Studi : Semua Program
Prasyarat : (sesuai dengan semester yang
ditawarkan)
Dosen : Irpan Ilmi, S. Hum, C. MM
B. Tujuan Umum Mata Kuliah:
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan
mampu meningkatkan kesadaran diri selaku makhluk Tuhan dalam mendekatkan diri
kepadaNya, melalui hubungan sesama manusia dan lingkungan alam; meningkatkan
kesadaran diri selaku makhluk sosial, budaya dan bagian yang tak terpisahkan
dari alam sekitarnya; Meningkatkan kesadaran lingkungan dalam mengembangkan
kehidupan yang selaras, serasi dan seimbang dengan lingkungan hidup; meningkatkan
melek IPTEK dan menerapkannya secara selaras, serasi dan seimbang dengan
lingkungan hidup, untuk mempertahankan kelestarian kehidupan umat manusia serta
kehidupan pada umumnya; meningkatkan
kepekaan dan keterbukaan terhadap masalah-masalah lingkungan, sosial, budaya
dan teknologi; serta bertanggung jawab dalam memecahkan masalah tersebut.
C. Deskripsi Isi
Dalam Perkuliahan ini dibahas tentang manusia dalam kontek
sosial atau manusia sebagai makhluk sosial yang mengungkapkan perkembangan
individu mulai dari satuan keluarga, masyarakat sampai ke satuan yang lebih luas. Dalam pokok bahasan ini ditelaah masalah
peranan nilai, moral, dan hukum interaksi, sosial, kelompok sosial, perubahan
sosial, proses sosial dan pembangunan . Dibahas pula masalah
masalah manusia dalam konteks kebudayaan, ilmu pengetahuan teknologi dan seni,
serta interaksi manusia dengan lingkungannya.
D. Proses Pembelajaran
Pendekatan : Pendekatan interdisipliner; pendekatan
multidisipliner; pendekatan transdisipliner; pendekatan crosdisipliner atau
paling tidak dengan menggunakan pendekatan multi aspek /pendekatan multi
dimensi dikaitkan dengan masalah-masalah yang terjadi di masyarakat.
Metode :
Studi kasus, pemecahan masalah, diskusi,
Tanya jawab, dan ekspositori.
Tugas :Penyajian
kasus, makalah, laporan bab/buku.
Media :
OHP, E mail/Internet, koran, majalah,
buku.
E. Evaluasi :
- Kehadiran,
- Penyajian masalah,
- Makalah,
- Laporan bab/buku,
- UTS,
- UAS .
F. Rincian Materi Perkuliahan Tiap Pertemuan
Pertemuan 1 : Pengantar Perkulihan
Pertemuan 2 : Esensi dan konsep dasar ilmu-ilmu sosial,
budaya, dan kealaman.
Pertemuan 3 : Manusia dan alam semesta
Pertemuan 4 : Manusia dan keberlanjutan alam semesta
Pertemuan 5 : Pendidikan sebagai nilai
dan moral dalam kehidupan manusia.
Pertemuan 6 : Budaya manusia dan pembangunan infrastruktur.
Pertemuan 7 : Interaksi sosial, kelompok sosial,
masyarakat dan komunitas.
Pertemuan 8 : UTS
Pertemuan 9 : Perubahan sosial dan pembangunan.
Pertemuan 10: Manusia dengan keragaman sosial, budaya,
dan peradabannya.
Pertemuan 11: Modernisasi dan globalisasi.
Pertemuan 12: Makna IPTEK dan Seni Bagi Manusia.
Pertemuan 13: Manusia sebagai subjek
dan objek IPTEKS dan dampak penyalahgunaan IPTEKS bagi manusia.
Pertemuan 14: Interaksi manusia
dengan lingkungannya: modifikasi lingkungan, pencemaran lingkungan, budaya dan
pola kesehatan lingkungan.
Pertemuan 15: Kependudukan , pemukiman , dan
ketenagakerjaan.
Pertemuan 16 : UAS
G. Daftar Buku
Buku Utama :
Tim dosen PLSBT, Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya dan
Teknologi, Value Press, Bandung,
2005.
Referensi :
- Elly Malihah,dkk, Ilmu Sosial dan Budaya Dasar, Pranada Media, Jakarta,2006. 3.
- Nursid Sumaatmadja, Manusia Dalam Konteks Lingkungan Sosial Budaya dan Teknologi, Bandung, Alphabeta, 2004.
- Astim Riyanto, Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya dan Teknologi, Bandung, Yapemda, 2004.
- Prof..dr. Juli Sumirat Slamet,MPH,PHD, Kesehatan Lingkungan, Yogyakarta, University Press UGM, 2000.
- Kamanto Soenarto, Pengantar Sosiologi, Jakarta, Lembaga Penerbitan FE UI, 1996.
- Kohlberg, Lawrence, Essay on Moral Development, The Philosophy of Moral Development (vol.I & II) , San Francisco, Harper and Row Pub., 1984.
- Internet.
No comments:
Post a Comment