1-IRPAN-ILMI

Klik Info Ini...!

Full width home advertisement

irpan-ilmii

My Journey

Rise Your Hand

Post Page Advertisement [Top]

irpan-ilmii



 
Aula STIT NU Al Farabi Pangandaran

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdatul Ulama Al Farabi Pangandaran.

JURUSAN 
Manajemen Pendidikan Islam dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini

A. INFORMASI UMUM

Mata Kuliah : Bahasa Arab
Kode Mata Kuliah :
Komponen Mata Kuliah : Wajib Konsentrasi
Jurusan : Manajemen Pendidikan Isalm Dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Jumlah SKS : 2 SKS
Dosen Pengampu: Irpan Ilmi, S. Hum, M. M.

B. DESKRIPSI MATA KULIAH

Materi Bahasa Arab ditekankan pada bahasa untuk tujuan akademik. Materi Bahasa Arab ini adalah bentuk penyesuaian untuk Prodi Manajemen Pendidikan Islam dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini di STIT NU Al Farabi Pangandaran. Mata kuliah ini diharapkan dapat memberi bekal penguasaan materi Bahasa arab meliputi berbagai aspek keterampilan diantaranya membaca, menulis, berbicara, menyimak dan pemahaman tentang tata bahasa Arab.

Secara umum perkuliahan mata kuliah ini menggunakan strategi active learning dan penugasan yang menekankan pada keterampilan berbahasa secara mendasar, selain itu pembalajaran Bahasa Arab ini juga untuk mendekatkan dan membiasakan mahasiswa dalam membaca Al Quran. Dalam perkuliahan mahasiswa tidak sekedar menjadi obyek pembelajaran, tetapi aktif terlibat dalam proses pembelajaran bersamasama dengan dosen. Dengan strategi ini diharapkan mahasiswa di samping memahami materi perkuliahan, juga dapat mendalami dan mempraktekkannya secara langsung sebagai bekal dalam pengembangan ilmu dan profesi.

C. KOMPETENSI DASAR MATA KULIAH

1. Mahasiwa memahami sejarah bahasa Arab, fungsi dan tujuan mempelahari bahasa Arab.
2. Mahasiswa dapat memahami bunyi dan pengaruh bunyi terhadap makna dalam bahasa Arab
2. Mahasiswa mampu jelaskan organ bunyi serta fungsinya serta melakukan perbandingan dalam bahasa Indonesia
3. Mahasiswa dapat mengaplikasikan bunyi bahasa Arab sesuai makharij al-huruf dengan shifat al-hurufnya dalam bacaan Al Quran dan dalam percakapan sehari-hari
4. Mahasiwa mampu membaca Al Quran dengan baik dan benar, serta dapat menggunakan ungkapan Al Quran dalam bahasa Arab sehari-hari

D. SISTEM PERKULIAHAN

1. Pengenalan mata kuliah disampaikan pada pertemuan pertama, kemudian mahasiswa menelusuri, menelaah bahan sumber yang telah diberikan dan menuliskannnya dalam bentuk makalah
2. Paper yang ditugaskan pada masing-masing mahasiswa kemudian diseminarkan dalam seminar kelas
3. Makalah yang telah dipresentasikan dalam seminar atau diskusi kelas kemudian disempurnakan berdasarkan saran-saran yang berkembang dalam diskusi kelas dan masukan dari dosen pembimbing mata kuliah.

E. MATERI PERKULIAHAN
1.      مقدمة
2.      الصوت واللغة في اللغة العربية والإندونسي
3.      جهاز النطق وأعضاؤه : مغهومة، الرائتان، القصبة الهواية، الحنجرة، التجاويف فوق الحنجرة، اللسان، سقف الحنك، الأسنان، الشفتان
4.      وصف الأصوات العربية
5.      الصوامت
6.      صومت الشفتانية والأمثلة في القرآن
7.      الصوامت الشفهية-الأسنانية و الأمثلة في القرآن
8.      الصوامت بين الأسنانية و الأمثلة في القرآن
9.      الصوامت الذلقية – الأسنانية – اللثوية و الأمثلة في القرآن
10.   الصوامت الذلقة – اللثوية و الأمثلة في القرآن
11.   الصوامت الطرفية – الغارية و الأمثلة في القرآن
12.   الصوامت الوسطية الغارية و الأمثلة في القرآن
13.   الصوامت القصية – الطبقية و الأمثلة في القرآن
14.   الصوامت القصية اللهوية و الأمثلة في القرآن
15.   الصوامت الجذرية – الحلقية و الأمثلة في القرآن
16.   الصوامت الحنجرية و الأمثلة في القرآن

G. Kontrak Belajar  

  1. Mahasiswa yang datang terlambat lebih dari 15 menit, dianggap tidak hadir atau mendapatkan tugas tambahan. 
  2.  Mahasisiwa wajib mengumpulkan tugas sesuai dengan unit kegiatan dan jadualnya
  3. Mahasiswa yang tidak mengumpulkan tugas maka akan nilai akhir tidak akan dikeluarkan
  4. Mahasiswa yang prosentase kehadirannya kurang dari 75% tidak diperbolehkan untuk mengikuti UAS
  5. Bersikap sopan dan santun serta berpenampilan rapi dan syar’i.

1 comment:

Bottom Ad [Post Page]

JANGAN-KLIK