1-IRPAN-ILMI

Klik Info Ini...!

Full width home advertisement

irpan-ilmii

My Journey

Rise Your Hand

Post Page Advertisement [Top]

irpan-ilmii

SILABUS
PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
STIT NU AL FARABI PANGANDARAN
__________________________________________
Nama MataKuliah: Manajemen Pemasaran Pendidikan Islam

Dosen: Irpan Ilmi, S. Hum., M. M.

Program Studi: Manajemen Pendidikan Islam

Waktu Perkuliahan: Rabu

Status Mata Kuliah:Wajib



Deskripsi Mata Kuliah:Mata kuliah ini membahas tentang konsep marketing (pemasaran) Pendidikan Islam dalam merumuskan strategi, metode dan sasaran pemasaran melalui analisis pasar dan konsumen serta relationship marketing dalam pemasaran jasa kependidikan Islam.

Pengalaman Belajar:
Mata  kuliah  ini  dilakukan  dengan  tatap  muka,  presentasi  dan diskusi, dan penugasan.

Uraian Pokok Bahasan Tiap Pertemuan:
Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan

Pertemuan 1
  1. Pengantar     perkuliahan,     penjelasan     silabus     dan     langkah-langkah perkuliahan.
  2. Merumuskan    tugas-tugas    mahasiswa,    dialog    membuat    kesepakatan bersama untuk mencapai tujuan bersama
  3. Pengertian/makna    marketing    pendidikan    Islam    secara    bahasa    dan terminologis


Pertemuan 2
  1. Orientasi pengelolaan pendidikan Islam.
  2. Lembaga pendidikan Islam dalam abad 21.
  3. Analisa bisnis lembaga pendidikan Islam


Pertemuan 3
  1. Analisa pasar dan pendekatannya
  2. Persaingan dalam dunia pendidikan


Pertemuan 4
  1. Perilaku konsumen dan hubungannya dengan Lembaga Pendidikan Islam
  2. Faktor-faktor perilaku konsumen:

a.       Faktor ekonomi
b.       Faktor budaya
c.       Faktor sosial
d.       Faktor personal
e.       Faktor psikologi
f.        Faktor paedagogis

Pertemuan 5
  1. Jasa  pendidikan  sebagai  jasa  massa  (matrik  jasa)  dan  derajat  intensitas tenaga kerja
  2. Perbedaan jasa pendidikan dan jasa non pendidikan.

Pertemuan 6
  1. Strategi pemasaran pendidikan Islam

a.       Produk
b.       Pengguna
c.       Keberlangsungan organisasi

Petemuan 7
  1. Berbagai pendekatan pemasaran produk Islam
  2. Kelebihan dan kekurangan masing-masing pendekatan.

Pertemuan 8

UJI TENGAHSEMESTER (UTS)

Pertemuan 9
  1. Berbagai metode pemasaran pendidikan Islam
  2. Kelebihan dan kekurangan masing-masing metode pemasaran
  3. Memilih   metode   yang   paling   efektif   dan   efesien   dan   hambatan-hambatannya

Pertemuan 10
  1. Kesesuaian visi, misi dan tujuan pendidikan Islam
  2. Relevansi produksi, pemakai dan intensitas pelayanan pendidikan Islam

Pertemuan 11
  1. Peningkatan mutu jasa dan penyempurnaan mutu jasa pendidikan dan pelayanan Islam.

a.       Penelitian dan pengembangan
b.       Mengelolaan  SDM  guru/karyawan,  sarana  dan  prasarana,  lingkungan  dan manajemen organisasi 

Pertemuan 12

Lanjutan13
  1. Perilaku tenaga kependidikan Islam
  2. Tolak ukur pengalaman perilaku tenaga kependidikan Islam   

Pertemuan 14
  1. Membangun  Customer  Relationship  melalui  kepuasan,  value  (nilai)  dan kualitas
  2. The Key Of Customer Relationship Marketing

Pertemuan 15
  1. Konsep Total Quality Management (TQM)
  2. Menerapkan   Konsep   Total   Quality   Management   pada   Total   Quality Marketing Yang Islami

Pertemuan 16

UJI AKHIR SEMESTER (UAS)Evaluasi Hasil




Buku Pedoman Penulisan Skripsi STIT NU Al Farabi Pangandaran

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

JANGAN-KLIK